Breaking News

Tolak Kenaikan BBM, Hari Ini Partai Buruh Demo Serentak di 34 Provinsi


TEMPO.CO, Jakarta - Demo tolak kenaikan BBM akan kembali berlanjut pada hari ini, Selasa, 6 September 2022. Presiden Partai Buruh sekaligus Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, menyatakan mereka akan menggelar demonstrasi secara serentak di 34 provinsi. 

demo partai buruh
Demo Partai Buruh



Said menyatakan bahwa demo ini digerakkan berbagai elemen. Mulai dari Partai Buruh, organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, hingga organisasi perempuan. 

"Aksi serentak akan dilakukan di (depan) kantor gubernur (setiap provinsi)," kata Said dalam keterangan tertulisnya Senin, 5 September 2022.

Untuk DKI Jakarta, menurut Said, demonstrasi juga akan digelar di depan gedung DPR RI di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Dia menyatakan akan mengerahkan sekitar 3 ribu sampai 5 ribu orang dari wilayah Jabodetabek dalam demonstrasi di depan Gedung DPR RI. 

"Tujuannya adalah meminta gubernur membuat surat rekomendasi kepada Presiden dan pimpinan DPR RI agar membatalkan kenaikan harga BBM," lanjutnya.

Selain menolak kenaikan harga BBM, menurut Said, mereka juga akan membawa dua tuntutan lainnya, yaitu menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja dan mendesak kenaikan Upah Minimum Tenaga Kerja 2023 sebesar 10 hingga 13 persen. 

Presiden Jokowi mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi dan non-subsidi pada Sabtu, 3 September 2022. BBM jenis Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10 ribu per liter sementara Solar naik dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter. BBM non subsidi Pertamax juga mengalami kenaikan dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500. Pertamax sudah sempat dinaikkan pemerintah pada April lalu dari harga sebelumnya Rp 9 ribu per liter. 

Pengumuman tersebut lantas memicu demo tolak kenaikan BBM di berbagai tempat. Di Gorontalo, demonstrasi itu pun sempat diwarnai penangkapan seorang mahasiswa yang mengumpat Presiden Jokowi. Belakangan mahasiswa itu dilepaskan karena telah meminta maaf dan mendapatkan sanksi dari kampusnya. 

Di Jakarta, demo tolak kenaikan BBM sempat terjadi di sejumlah titik pada Senin kemarin. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) misalnya, berdemo di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Mereka terhadang barisan kawat berduri di kawasan Patung Kuda di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Belasan mahasiswa dengan atribut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonensia (GMNI) juga menggelar demonstrasi
di depan Gedung DPR RI. 

Tidak ada komentar