Breaking News

Inilah 6 Kerugian apabila kita di PHK ! Nomor 4 dan 5 iya banget ?

 

6 Kerugian di phk perusahaan
6 Kerugian di PHK Perusahaan


PHK singkatan kata dari Pemutusan Hubungan Kerja menjadi kata - kata yang tidak ingin kita dengar sama sekali bagi seorang karyawan. Terlebih jika karyawan tersebut memiliki effort tinggi dalam bekerja tetapi tiba - tiba terkena PHK karena satu dan dua hal seperti pandemi Covid-19, omset perusahaan yang turun, produksi perusahaan yang turun, pengurangan karyawan untuk efisiensi, melonjak nya kebutuhan produksi dan bahan baku, Perusahaan bangkrut dan lain - lain.

Seringkali bagi sebagian karyawan memprotes apabila PHK dilakukan sepihak oleh perusahaan tanpa menaati perjanjian kerja bersama ( PKB ) atau undang - undang yang berlaku. Memprotes PHK tersebut kurang lah kuat apabila di suatu perusahaan tidak memiliki Serikat Pekerja, Perusahaan akan dengan sangat mudah mengabaikan protes karyawan karena perusahaan tersebut tidak memiliki Serikat Pekerja.

Oleh karena itu Serikat Pekerja memiliki peran penting dalam : 

1. Pendampingan Karyawan yang di lakukan tidak adil / tidak sesuai PKB oleh perusahaan.

2. Memberikan solusi per Undang - Undangan kepada karyawan.

3. Mencegah adanya keputusan sepihak dari Perusahaan yang merugikan karyawan, seperti demosi, pengurangan gaji, PHK dan sebagai nya.

Dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari adanya Serikat Pekerja di Perusahaan.

Nah lalu apa saja sih kerugian yang dialami Karyawan apabila PHK harus terjadi :

1. Hilangnya Pekerjaan tetap, pasti dong pekerjaan yang selalu menemani aktivitas sehari - hari sudah tidak ada lagi. 

2. Dampak sosial dan lingkungan kepada karyawan, teman - teman, keluarga, bahkan tetangga akan mengetahui karyawan tersebut di PHK dan akan mempengaruhi psikis karyawan yang bersangkutan.

3. Psikologis korban PHK, semua lingkungan terdekat akan membicarakan Anda, bahwasan nya Anda menganggur saat ini karena PHK. Hal itu terkadang berdampak ke psikis korban PHK.

4. Hilangnya Penghasilan tetap, dan sulitnya mencari penghasilan tetap zaman sekarang diperparah dengan keadaan bahwasan nya Anda di PHK. Kondisi ekonomi Anda bisa terganggu apabila Anda tidak ataupun belum segera bekerja atau memulai usaha ( bisnis ) setelah PHK.

5. Hilangnya teman, teman sejati sangat sulit di dapatkan, teman sejati merupakan teman yang Ada saat kondisi susah dan senang Anda. Terlebih bahwasan nya mereka tahu bahwa Anda terkena PHK, teman - teman yang berteman karena uang akan dengan sendiri nya menghilang dari kehidupan Anda.

6. Baru memulai usaha malah gagal, Uang Pesangon yang sejatinya dimanfaatkan dengan baik malah berujung pahit ketika baru memulai usaha namun tidak profit atau tidak untung. Karena bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dijalani, seringkali kita melihat dan mendengar sisi sukses nya saja tanpa melihat dan menghitung berapa kali kegagalan yang pernah dialami.

Maka dari itu cintailah pekerjaan kita sekarang, dan bersyukur. Di luar sana ada banyak yang ingin mengambil pekerjaan Anda.


Tidak ada komentar