UNI APRO APPU / SEWU THP SEMINAR 2017
Bro Agus Taufik Mewakili Aspek Indonesia dan PUK Linfox logistics Indonesia dalam UNI Apro APPU / SEWU THP Seminar 2017 di Thailand
Atas kiri no 2, agus taufik wakil aspek Indonesia dalam UNI APRO APPU SEMINAR di THAILAND 2017 |
I. Gambaran secara umum.
Ø
Waktu dan tempat pelaksanaan di Bangkok dari hari senin tanggal 10 juli 2017 sampai dengan hari
sabtu tanggal 15 juli 2017.
Ø
Perwakilan dari Aspek Indonesia 1 orang atas
nama Agus Taofik
Ø
Perwakilan dari semua negara ada 23 orang dari
11 negara yaitu Indonesia, Jepang, Taiwan, Malaysia, Mongolia, Nepal,
Srilangka, India, Singapore, Thailand.
Ø
Pimpinan Seminar tersebut adalah Ms.Kanako Osaki
Direktur UNI-Apro Post dan Logistics, Mr.Lin Hongliang Direktur Asia Pasific
Postal Union, Mr.Amitbh Sing Trainer APPC, Ms.Thapanee Amarinrat Pimpinan
logistics kantor pos Thailand.
Ø
Peserta dibagi menjadi 5 kelompok selama
seminar, kelompok harus berdiskusi,memberikan pendapat mereka dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan kasus yang diajukan oleh instruktur.
Ø
Setiap peserta harus mempresentasikan situasi
terkini dari post & logistics dan atau Serikat pekerja di perusahaannya
dalam bentuk MS.Power point dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta
seminar.
II. Isi Seminar.
1.
Gambaran ekonomi dunia dan peran APPU, pidato
pembukaan tersebut memaparkan lingkungan post global disampaikan oleh Mr.Lin
Hongliang direktur kantor APPU.
Pada tahun 2017 pertumbuhan
ekonomi global diperkirakan akan pulih menjadi 2,7% dari pertumbuhan sebelumnya
di tahun 2016 yaitu 2,3% karena dampak krisis pada pasar keuangan global,pertumbuhan
ekonomi diperkirakan akan mencapai 1,8% pada tahun 2017 dari 1,6% di tahun
2016,sementara pertumbuhan ekonomi negara berkembang akan meningkat 4,2%
ditahun 2017 dari 3,4% di tahun 2016.
Pertumbuhan Ekonomi AS
diproyeksikan tumbuh 2,2% di tahun 2017 jauh lebih tinggi dari kenaikan 1,6% di
tahun 2016. Perkiraan untuk ekonomi china,Bank dunia mengatakan bahwa pertumbuhannya
akan terus melambat menjadi 6,2% ditahun 2017 jauh lebih rendah dari kenaikan
6,7% ditahun 2016. Namun, pertumbuhan china diperkirakan akan melampaui beberapa
negara Asia tenggara termasuk Indonesia dan Thailand. Selain itu, ekonomi India
diperkirakan tumbuh kuat sampai 7,6% di 2017 dari 7,0% pada tahun 2016.
Seiring dengan perkembangan ekonomi
dan perubahan dalam kehidupan manusia telah terjadi pergeseran dalam penggunaan
dan penyediaan layanan post. ini menciptakan peluang di sektor post dan
logistics secara umum seperti e-commerce, e-government, untuk memperluas
kemitraan strategis, namun juga mewajibkan sektor post untuk melakukan
transisi. Dengan berfokus pada peningkatan kualitas layanan, meluasnya
penggunaan aplikasi IT, pelatihan yang berkesinambungan untuk meningkatkan
sumber daya manusia yang dianggap asset penting disetiap perusahaan.
Seiring dengan sejarah industri post
yang panjang di seluruh dunia, UPU / APPU akan menjadi organisasi post
profesional yang bekerja untuk memperluas, memfasilitasi dan memperbaiki
hubungan post antara negara anggota dan mempromosikan kerja sama dalam layanan
post. Badan ini juga yang bertanggung jawab untuk menyediakan informasi
mengenai kegiatan, perdagangan, teknologi dan ekonomi yang terkait dengan
layanan post global.
Pilihan model bisnis untuk perusahaan
pos dan logistics dalam pertumbuhan ekonomi di masa depan, sebelum memilih
untuk model bisnis masa depan perlu menentukan seperti apa layanan pos
tersebut. Dalam perjalanan perkembangannya, layanan pos telah banyak berubah.
Oleh karena itu, penyedia layanan pos juga perlu mengubah pola pikir dengan
menyesuaikan pasar agar bisa bersaing.
2.
Surat, Parcel, dan Management Logistics
Thailand Post berbagi dasar-dasar
bisnis layanan pos mereka sampai bisa berkembang seperti saat ini.
Ø
Mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan jasa dibisnis
utama: surat, parsel, kurir dan logisticnya, retail, finance, jasa pengiriman internasional.
Ø
Kebijakan koperasi
Ø
Kebijakan Bisnis,solusi penjualan tidak hanya
menjual layanan secara fleksibel, memenuhi semua kebutuhan pelanggan dengan
segala kemampuan mereka dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan
mengurangi biaya. Layanan baru ini disediakan oleh Thailand Post untuk melayani
dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan seperti mengangkut obat untuk perawatan
medis, periklanan di media cetak dan elektronik , Solusi distribusi, logistik,
logistik e-commerce.
3.
Kegiatan
yang menjadi prioritas pelayanan pos
Berikut beberapa tantangan yang sulit dan solusi nya yang
harus dijalankan:
Ø
Komplen dari pelanggan.
Ø
Persyaratan yang diberikan oleh pelanggan.
Ø
Pelayanan dari pesaing dengan kualitas pelayanan
nya yang prima.
Di seminar ini kita membahas dua
komponen dasar dari jasa post dan logistics yaitu adalah pelayanan dan
kualitas. Perusahaan post berusaha keras memberikan pelayanan yang berkualitas.
Seminar ini juga memberikan contoh untuk memperbaiki kualitas contoh nya dari
Post India, seperti meluasnya penggunaan teknologi informasi, KPI untuk
mengukur tahapan proses produksi, memperbaiki proses pelayanan, yang akhirnya
kualitas layanan disana semakin membaik.
4.
Meningkatkan sumber saya manusia untuk perubahan
zaman yang semakin modern.
Salah satu faktor paling efektif
dalam menggunakan sumber daya manusia adalah memberi pekerja hal yang benar
untuk dilakukan, sehingga mereka dapat bekerja maksimal. Bila pekerja puas
dengan pekerjaan mereka, mereka akan bersedia memberikan kontribusi. Namun, ini
bukan tantangan kecil bagi setiap bisnis. Sumber tenaga kerja selalu melimpah,
tapi menemukan orang yang tepat dan menjaganya tetap bersama anda bukanlah hal
yang mudah.
Ada banyak pertanyaan yang
dihadapi manajer pekerja dan pekerja. Bagaimana kedua belah pihak bisa
menemukan kesamaan? Untuk melakukan ini, manajer sumber daya manusia harus
jelas mengenai strategi bisnis perusahaan, dapat mendemonstrasikannya di atas
kertas dan mengkonkretnya dengan persyaratan fungsional. Dari situlah,
mengambil langkah untuk mewujudkan strategi penggunaan dan pengembangan sumber
daya manusia. Membangun budaya perusahaan, membangun sistem informasi yang
komprehensif mengenai sumber daya manusia juga dianggap langkah penting untuk
mempromosikan sumber daya manusia. Seminar ini juga memberikan analisis, model
dan pelajaran untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya manusia yang fleksibel,
menghindari konflik secara efektif.
Diakhir seminar peserta juga
memberikan feedback mengenai
hal-hal yang sudah disampaikan didalam seminar selama 4 hari ini.
Tentunya banyak kekurangan dalam
ringkasan yang saya buat ini, tetapi saya mencoba membuat laporan dari
kepercayaan yang sudah diberikan kepada saya, semoga kesempatan untuk mengikuti
seminar ini menjadi bekal buat saya pribadi,PUK Linfox logistics Indonesia, Aspek
Indonesia dan semua pekerja yang ada di Indonesia. Aamiin.
Terima kasih.
Bro Agus Taufik bersama perwakilan serikat dari negara - negara lain nya |
Tidak ada komentar