Breaking News

Lantas bagaimana ? Prosedur Jika Para pihak tidak Hadir dalam mediasi hubungan Industrial

 
Suasana Proses mediasi pertama ke disnaker kab.bekasi
Suasana Proses mediasi pertama ke disnaker kab. Bekasi
Tanpa dihadiri pihak Perusahaan


Mengutip dari https://www.hukumonline.com/

Sebelumnya kita harus tau Tugas Mediator dalam hubungan industrial sebagai berikut :

Mediator bertugas untuk melakukan:[3]

a. pembinaan hubungan industrial;
b. pengembangan hubungan industrial; dan
c. penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di luar pengadilan

Lalu kita juga harus tau Tata Kerja Mediasi sebagai berikut :

Dalam menyelesaikan Perselisihan Hubungan Industrial, Mediator melakukan langkah langkah sebagai berikut:

a. melakukan penelitian tentang duduk perkara Perselisihan Hubungan Industrial;
b. menyiapkan panggilan secara tertulis kepada para pihak untuk hadir dengan mempertimbangkan waktu panggilan secara patut sehingga sidang mediasi dapat dilaksanakan paling lama 7 (tujuh) hari kerja sejak menerima pelimpahan tugas untuk menyelesaikan perselisihan;
c. melaksanakan sidang mediasi dengan mengupayakan penyelesaian secara musyawarah untuk mufakat;
d. mengeluarkan anjuran secara tertulis kepada para pihak apabila penyelesaian tidak mencapai kesepakatan dalam waktu paling lama 10 (sepuluh) hari kerja sejak sidang Mediasi pertama;
e. membantu membuat perjanjian bersama secara tertulis apabila tercapai kesepakatan penyelesaian, yang ditandatangani oleh para pihak dan disaksikan oleh Mediator;
f. memberitahu para pihak untuk mendaftarkan perjanjian bersama yang telah ditandatangani para pihak ke Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri tempat perjanjian bersama

Bagaimana Jika Para Pihak Tidak Hadir Setelah Dipanggil?

Jika Pihak Pemohon (SP.LLI ) Tidak Hadir
Karena apabila para pihak telah dipanggil secara patut dan layak sebanyak 3 (tiga) kali ternyata pihak pemohon yang mencatatkan perselisihan tidak hadir, maka pencatatan Perselisihan Hubungan Industrial dihapus dari buku registrasi perselisihan.

Jika Pihak Termohon ( Perusahaan ) Tidak Hadir

Berlainan dengan itu, dalam hal para pihak telah dipanggil secara patut dan layak sebanyak 3 (tiga) kali ternyata pihak termohon tidak hadir, maka mediator mengeluarkan anjuran tertulis berdasarkan data yang ada. Anjuran tertulis mediator tersebut memuat:

a. keterangan pekerja/buruh atau keterangan serikat pekerja/serikat buruh;
b. keterangan pengusaha;
c. keterangan saksi/saksi ahli apabila ada;
d. pendapat dan pertimbangan hukum; dan isi anjuran.

Para pihak harus sudah memberikan jawaban secara tertulis kepada mediator yang isinya menyetujui atau menolak anjuran tertulis dalam waktu paling lama 10 hari kerja setelah menerima anjuran tertulis.

Apabila para pihak tidak memberikan jawaban secara tertulis, maka dianggap menolak anjuran dan mediator mencatat dalam buku registrasi perselisihan.

Perlu diketahui bahwa penyelesaian melalui mediasi sebagaimana telah kami jabarkan di atas harus sudah selesai dalam waktu paling lama 30 hari kerja sejak diterimanya pelimpahan penyelesaian perselisihan.

Mediator yang tidak dapat menyelesaikan Perselisihan Hubungan Industrial dalam waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja tanpa alasan yang sah, dapat dikenakan sanksi administratif berupa hukuman disiplin sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi pegawai negeri sipil.

Dasar Hukum:

1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial;

2. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 17 Tahun 2014 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Mediator Hubungan Industrial serta Tata Kerja Mediasi.

Tidak ada komentar