Breaking News

2 Pasal belum tuntas, Serikat Pekerja Linfox melakukan mediasi ke DISNAKER Kab. Bekasi

Kamis, 16 Desember 2021


Suasana Disnaker saat proses Pengajuan perselisihan
Suasana Disnaker saat proses
Pengajuan perselisihan





Seperti yang kita pahami apabila perselisihan dalam hubungan industrial tidak menemui jalan terbaik. maka salah satu pihak ( Perusahan atau Serikat Pekerja ) berhak mengajukan mediasi ke dinas tenaga kerja ( DISNAKER ) daerah masing - masing. 

Serikat Pekerja Linfox Logistik Indonesia dalam hal ini mengajukan mediasi terkait 2 pasal yang belum ditunaikan perusahaan yaitu Pasal 50 PKB tentang Penghargaan Masa Kerja   dan  Pasal 61 PKB tentang Rekreasi, Olahraga, dan Kesenian.

Surat Panggilan dari Disnaker kepada kedua belah pihak sudah di layangkan, dan diminta hadir pada tanggal 16 Desember 2021. Akan tetapi sangat disayangkan, pihak 2 dalam hal ini perusahaan tidak menghadiri Panggilan dan mengajukan ulang jadwal ke tanggal 28 Desember 2021.



Surat Disnaker SP Linfox
Surat dari Disnaker SP Linfox



Surat Disnaker SP Linfox
Surat dari  Disnaker SP Linfox


SP Linfox ke Disnaker
SP Linfox ke Disnaker


Kita sama - sama berharap bahwasannya jalur mediasi ini atau sering di sebut litigasi, dapat menghasilkan keputusan yang baik bagi kedua belah pihak dan melanjutkan keharmonisan hubungan industrial antara perusahaan dengan serikat pekerja.

Mengenai Mediasi Hubungan Industrial (“mediasi”), perlu dijelaskan juga definisinya dalam Pasal 1 angka 11 UU 2/2004 berikut:
 
"Mediasi Hubungan Industrial yang selanjutnya disebut mediasi adalah penyelesaian perselisihan hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja, dan perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh hanya dalam satu perusahaan melalui musyawarah yang ditengahi oleh seorang atau lebih mediator yang netral" (Sumber:https://www.hukumonline.com/)

SP Linfox ke Disnaker kab. bekasi
Suasana SP Linfox ke Disnaker kab. Bekasi




Tim SP Linfox ke Disnaker kab. bekasi
Tim SP Linfox ke Disnaker kab. bekasi

Tidak ada komentar