Breaking News

Ini dia " TRITURUH " saat May Day 2018

Serikat Pekerja Linfox Saat peringatan May Day 2018 di Jakarta
Serikat Pekerja Linfox Saat peringatan May Day 2018 di Jakarta

Serikat pekerja Linfox - May Day 2018 

JAKARTA - Ribuan buruh dari berbagai serikat buruh memadati kawasan Patung Kuda Mona hingga depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat untuk melakukan aksi May Day 2018. Dalam aksi itu, ada sejumlah tuntutan disuarakan ribuan buruh.

" Trituruh " ( Tiga Tuntutan Buruh ) Pertama, buruh meminta pemerintah menurunkan harga dan tarif kebutuhan pokok pangan. Contohnya, beras, tarif listrik, BBM dan bangun ketahanan pangan serta ketahanan energi.




Aksi Buruh longmarch ke kawasan Istana Negara di May day 2018
Aksi Buruh longmarch ke kawasan Istana Negara di May day 2018

"Kedua, menolak untuk mendapatkan upah murah. Maka itu, kami (buruh) minta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2015 tentang Pengupahan," ujar Said Iqbal pada wartawan, Selasa (1/5/2018).

Aksi Buruh saat May Day 2018

Ketiga, buruh menolak tenaga kerja asing (TKA) masuk Indonesia lantaran TKA dewasa ini kerap memakan lahan pekerjaan kasar dari para buruh. Maka itu, pemerintah pun diminta mencabut Peraturan Presiden No 20/2018 tentang TKA.

Disamping itu, lanjut Iqbal, ada satu poin tambahan yang diinginkan para buruh, yang mana bakal disuarakan pula, yakni penghapusan sistem outsourcing lantaran merugikan para buruh.

Kawasan Patung Kuda Monas, Gambir, Jakarta Pusat dipadati para buruh. Mereka tampak sudah ada yang menyuarakan aspirasinya itu melalui mobil komando. Ada juga yang sudah melakukan longmarch ke kawasan Istana Negara untuk terus menyuarakan aspiarasinya itu tentang nasib buruh.





Source : 
https://metro.sindonews.com/read/1302163/170/may-day-2018-ini-tiga-tuntutan-utama-buruh-indonesia-1525158589

Tidak ada komentar