Rabu, 19 Juli 2017

UNI APRO APPU / SEWU THP SEMINAR 2017

Bro Agus Taufik Mewakili Aspek Indonesia dan PUK Linfox logistics Indonesia dalam UNI Apro APPU / SEWU THP Seminar 2017 di Thailand

Atas kiri no 2, agus taufik wakil aspek Indonesia dalam UNI APRO APPU SEMINAR di THAILAND 2017
I. Gambaran secara umum.
Ø  Waktu dan tempat pelaksanaan di Bangkok dari  hari senin tanggal 10 juli 2017 sampai dengan hari sabtu tanggal 15 juli 2017.
Ø  Perwakilan dari Aspek Indonesia 1 orang atas nama Agus Taofik
Ø  Perwakilan dari semua negara ada 23 orang dari 11 negara yaitu Indonesia, Jepang, Taiwan, Malaysia, Mongolia, Nepal, Srilangka, India, Singapore, Thailand.
Ø  Pimpinan Seminar tersebut adalah Ms.Kanako Osaki Direktur UNI-Apro Post dan Logistics, Mr.Lin Hongliang Direktur Asia Pasific Postal Union, Mr.Amitbh Sing Trainer APPC, Ms.Thapanee Amarinrat Pimpinan logistics kantor pos Thailand.
Ø  Peserta dibagi menjadi 5 kelompok selama seminar, kelompok harus berdiskusi,memberikan pendapat mereka dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kasus yang diajukan oleh instruktur.
Ø  Setiap peserta harus mempresentasikan situasi terkini dari post & logistics dan atau Serikat pekerja di perusahaannya dalam bentuk MS.Power point dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta seminar.
II. Isi Seminar.
1.       Gambaran ekonomi dunia dan peran APPU, pidato pembukaan tersebut memaparkan lingkungan post global disampaikan oleh Mr.Lin Hongliang direktur kantor APPU.
Pada tahun 2017 pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan pulih menjadi 2,7% dari pertumbuhan sebelumnya di tahun 2016 yaitu 2,3% karena dampak krisis pada pasar keuangan global,pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencapai 1,8% pada tahun 2017 dari 1,6% di tahun 2016,sementara pertumbuhan ekonomi negara berkembang akan meningkat 4,2% ditahun 2017 dari 3,4% di tahun 2016.
Pertumbuhan Ekonomi AS diproyeksikan tumbuh 2,2% di tahun 2017 jauh lebih tinggi dari kenaikan 1,6% di tahun 2016. Perkiraan untuk ekonomi china,Bank dunia mengatakan bahwa pertumbuhannya akan terus melambat menjadi 6,2% ditahun 2017 jauh lebih rendah dari kenaikan 6,7% ditahun 2016. Namun, pertumbuhan china diperkirakan akan melampaui beberapa negara Asia tenggara termasuk Indonesia dan Thailand. Selain itu, ekonomi India diperkirakan tumbuh kuat sampai 7,6% di 2017 dari 7,0% pada tahun 2016.
Seiring dengan perkembangan ekonomi dan perubahan dalam kehidupan manusia telah terjadi pergeseran dalam penggunaan dan penyediaan layanan post. ini menciptakan peluang di sektor post dan logistics secara umum seperti e-commerce, e-government, untuk memperluas kemitraan strategis, namun juga mewajibkan sektor post untuk melakukan transisi. Dengan berfokus pada peningkatan kualitas layanan, meluasnya penggunaan aplikasi IT, pelatihan yang berkesinambungan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang dianggap asset penting disetiap perusahaan.
Seiring dengan sejarah industri post yang panjang di seluruh dunia, UPU / APPU akan menjadi organisasi post profesional yang bekerja untuk memperluas, memfasilitasi dan memperbaiki hubungan post antara negara anggota dan mempromosikan kerja sama dalam layanan post. Badan ini juga yang bertanggung jawab untuk menyediakan informasi mengenai kegiatan, perdagangan, teknologi dan ekonomi yang terkait dengan layanan post global.
Pilihan model bisnis untuk perusahaan pos dan logistics dalam pertumbuhan ekonomi di masa depan, sebelum memilih untuk model bisnis masa depan perlu menentukan seperti apa layanan pos tersebut. Dalam perjalanan perkembangannya, layanan pos telah banyak berubah. Oleh karena itu, penyedia layanan pos juga perlu mengubah pola pikir dengan menyesuaikan pasar agar bisa bersaing.
2.       Surat, Parcel, dan Management Logistics
Thailand Post berbagi dasar-dasar bisnis layanan pos mereka sampai bisa berkembang seperti saat ini.
Ø  Mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan jasa dibisnis utama: surat, parsel, kurir dan logisticnya, retail, finance, jasa pengiriman internasional.
Ø  Kebijakan koperasi
Ø  Kebijakan Bisnis,solusi penjualan tidak hanya menjual layanan secara fleksibel, memenuhi semua kebutuhan pelanggan dengan segala kemampuan mereka dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya. Layanan baru ini disediakan oleh Thailand Post untuk melayani dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan seperti mengangkut obat untuk perawatan medis, periklanan di media cetak dan elektronik , Solusi distribusi, logistik, logistik e-commerce.
3.        Kegiatan yang menjadi prioritas pelayanan pos
Berikut beberapa tantangan yang sulit dan solusi nya yang harus dijalankan:
Ø  Komplen dari pelanggan.
Ø  Persyaratan yang diberikan oleh pelanggan.
Ø  Pelayanan dari pesaing dengan kualitas pelayanan nya yang prima.
Di seminar ini kita membahas dua komponen dasar dari jasa post dan logistics yaitu adalah pelayanan dan kualitas. Perusahaan post berusaha keras memberikan pelayanan yang berkualitas. Seminar ini juga memberikan contoh untuk memperbaiki kualitas contoh nya dari Post India, seperti meluasnya penggunaan teknologi informasi, KPI untuk mengukur tahapan proses produksi, memperbaiki proses pelayanan, yang akhirnya kualitas layanan disana semakin membaik.
4.       Meningkatkan sumber saya manusia untuk perubahan zaman yang semakin modern.
Salah satu faktor paling efektif dalam menggunakan sumber daya manusia adalah memberi pekerja hal yang benar untuk dilakukan, sehingga mereka dapat bekerja maksimal. Bila pekerja puas dengan pekerjaan mereka, mereka akan bersedia memberikan kontribusi. Namun, ini bukan tantangan kecil bagi setiap bisnis. Sumber tenaga kerja selalu melimpah, tapi menemukan orang yang tepat dan menjaganya tetap bersama anda bukanlah hal yang mudah.
Ada banyak pertanyaan yang dihadapi manajer pekerja dan pekerja. Bagaimana kedua belah pihak bisa menemukan kesamaan? Untuk melakukan ini, manajer sumber daya manusia harus jelas mengenai strategi bisnis perusahaan, dapat mendemonstrasikannya di atas kertas dan mengkonkretnya dengan persyaratan fungsional. Dari situlah, mengambil langkah untuk mewujudkan strategi penggunaan dan pengembangan sumber daya manusia. Membangun budaya perusahaan, membangun sistem informasi yang komprehensif mengenai sumber daya manusia juga dianggap langkah penting untuk mempromosikan sumber daya manusia. Seminar ini juga memberikan analisis, model dan pelajaran untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya manusia yang fleksibel, menghindari konflik secara efektif.
Diakhir seminar peserta juga memberikan feedback               mengenai hal-hal yang sudah disampaikan didalam seminar selama 4 hari ini.
Tentunya banyak kekurangan dalam ringkasan yang saya buat ini, tetapi saya mencoba membuat laporan dari kepercayaan yang sudah diberikan kepada saya, semoga kesempatan untuk mengikuti seminar ini menjadi bekal buat saya pribadi,PUK Linfox logistics Indonesia, Aspek Indonesia dan semua pekerja yang ada di Indonesia. Aamiin.

Terima kasih.

Bro Agus Taufik bersama perwakilan serikat dari negara - negara lain nya


1 komentar :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...