Kamis, 03 November 2016

CITU/JILAF Industrial realtions seminar 2016 KSPI-JILAF


Pertemuan antara Serikat pekerja Jepang dengan KSPI banyak memberikan pengalaman lebih antara 2 Organisasi, banyak yang di share oleh JILAF (Japan International Labour Foundation) dan banyak juga solusi - solusi dari semua masalah di ruang lingkup buruh. Antara lain upah layak, jaminan kesehatan, jaminan hari tua dan sistim kerja kontrak. ini semua bukan hanya terjadi di negara Indonesia, tapi jugaJEPANG !!! akan tetapi mengapa buruh di jepang jarang Aksi/demo ? itu semua karena tidak ada campur tangan pemerintah murni hanya pengusaha dengan buruh. Artinya di jepang serikat pekerja dan buruhlah yang memutuskan upah minimum. Pemerintah pusat telah memberikan hak otonomi untuk setiap daerah, di jepang ini namanya Prefektur. ada prefektur Tokyo sampai prefektur Okinawa. ini membuktikan apabila ada komunikasi yang baik antara pengusaha dengan buruh justru tanpa campur tangan pemerintah.inilah yang membedakan dengan kondisi di Indonesia setiap tahun harus berjuang demi upah layak. Seminar ini juga dihadiri ibu Sumondang dari DEPNAKER dan Bapak Sofyan dari APINDO


LALU MENGAPA UMP/K TAHUN 2016, HARUS NAIK RP.650,000??

Tampak kebersamaan Pengurus KSPI

Argumen 1: memberikan upah yg memadai pada pekerja adalah salah satu pilar penting untuk membangun kemakmuran bangsa. Dengan upah yang memadai, kalangan pekerja akan punya daya beli yg lebih bagus. Dan secara kolektif hal ini akan memicu permintaan barang dan jasa secara dramatis. Kalau jutaan pekerja  upahnya pas-pasan , lalu siapa yang akan membeli produk - produk yg dihasilkan pabrik itu? Argumen ke2:



UMP/K yang tinggi akan menggedor kreativitas pengusaha untuk mulai menciptakan nilai tambah produksi yg tinggi dan jga tingkat produktivitas pekerjanya. 

UMP/K yang tinggi menjadi pendorong kewajiban inovasi pengusaha yg selama ini hanya maunya jadi " pengusaha kelas tukang"atau hanya memproduksi barang2 komodity, dipaksa untuk mengembangkan nilai tambah produksi yg tinggi guna memberikan profit margin yg lebih tinggi (supaya bisa membayar ump/k).
Ump/k yg tinggi harusnya di jadikan peluang bukan problem.

Berikut ini dokumentasi foto dan Video selama seminar berlangsung KSPI-JILAF

Baju Putih, bro aris kuncoro dari splinfox saat pemaparan action plan dan recomendation

KSPI - JILAF @ Grand Zuri Express Hotel Cikarang

Mr Suzuki JILAF - Indrawan, Putu, aris kuncoro splinfox

KSPI - JILAF @ Grand Zuri Express Hotel Cikarang 2016


Ibu Sumondang dari DEPNAKER

Video dokumentasi KSPI - JILAF 1-2 November 2016 @ Grand Zuri Express Hotel Jababeka Cikarang

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...