Kamis, 13 Maret 2014

LOMBA MENULIS: Saatnya Perempuan Bicara!

Tak perlu dipungkiri, hari Kartini menjadi symbol kebangkitan perempuan Indonesia. Perempuan yang pernah mengenyam pendidikan di Europese Lagere School (ELS) hingga usia 12 tahun ini, menulis surat kepada teman-teman korespondensinya yang berasal dari Belanda, diantaranya adalah Rosa Abendanon yang kemudian banyak mendukungnya melalui buku-buku, koran dan majalah Eropa.

Surat-surat Kartini sebagai hasil korespondennya dengan beberapa rekan sahabatnya di Eropa kemudian dijadikan sebuah buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Didalam suratnya itu, Kartini sangat tertarik pada kemajuan berpikir perempuan-perempuan di Eropa. Ia ingin memajukan perempuan pribumi yang pada saat itu berada pada status sosial rendah.
Berdasarkan pengalaman Kartini itulah, dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2014, Departemen Perempuan FSPMI bermaksud menyelenggarakan lomba menulis untuk anggota perempuan FSPMI. Adapun ketentuan untuk mengikuti lomba menulis adalah sebagai berikut:
  1. Menjadi anggota FSPMI.
  2. Tulisan harus berupa kisah nyata buruh perempuan (baik di tempat kerja, di serikat pekerja dan di rumah tangga). Bisa berupa pengalaman pribadi atau orang-orang terdekat. Tulisan bisa berbentuk curah pendapat, surat terbuka, artikel, dan sebagainya.
  3. Panjang tulisan adalah 2 – 5 halaman A4 dengan jenis hurub Times New Roman dengan ukuran 12.
  4. Tulisan dikirimkan ke alamat e-mail berikut: infokomburuh@gmail.com dan di CC ke: atundoank79@gmail.com, hanipahdiono@gmail.com dan kahar.mis@gmail.com dengan subjek email: PEREMPUAN BICARA.
  5. Setiap penulis wajib mengirimkan foto close up dan biodata lengkap, seperti nama, tempat kerja, dan nomor handphone.
  6. Setiap 1 orang penulis maksimal boleh mengirimkan 2 (dua) buah tulisan.
  7. Lomba menulis ini dibuka pada tanggal 14 Maret 2014 dan ditutup pada tanggal 15 April 2014. Nama-nama pemenang akan diumumkan pada tanggal 21 April 2014.
  8.  Seluruh naskah yang masuk menjadi hak milik FSPMI. Dan bagi naskah yang dianggap layak akan diterbitkan di Koran Perdjoeangan, Website FSPMI dan akan dibukukan.
  9. Setiap penulis yang mengirimkan tulisan akan mendapatkan souvenir. Sedangkan tiga tulisan terbaik mendapatkan Piagam Penghargaan dan hadiah menarik dari dari Departemen Perempuan FSPMI.
  10. Bertindak selaku dewan juri dalam lomba menulis ini adalah Tim Media FSPMI dan Departemen Perempuan FSPMI.
Mari berpartisipasi. Saatnya perempuan bicara!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...